LBC.LAMANDAUKAB.GO.ID

Lamandau Bergerak Cepat

Sampaikan Pengaduan, Saran, Usul, Pertanyaan dan Informasi

melalui SMS 082253355544


Berita >

LAPOR PRESIDEN

15 Oktober 2018 12:34 WIB

LAPOR PRESIDEN

Tentang LAPOR!

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) adalah sarana aspirasi dan pengaduan berbasis media sosial yang dijalankan dengan prinsip mudah, terpadu, dan tuntas. LAPOR! dikelola dan dikembangkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bersama Kementerian Dalam Negeri, Kantor Staf Presiden, dan Ombudsman Republik Indonesia sebagai saluran partisipasi masyarakat untuk pengawasan pembangunan dan pelayanan publik di Indonesia.

LAPOR! telah ditetapkan sebagai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) dalam rangka menjalankan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik. Masyarakat dapat menyampaikan aspirasi dan pengaduan melalui sarana berikut ini:

  • Situs www.lapor.go.id
  • SMS ke 1708 (tarif normal)
  • Mobile apps LAPOR! (Android)
  • Twitter @LAPOR1708 dengan menyertakan tagar #lapor
  • Saluran pengaduan lain yang telah diintegrasikan

Laporan akan diverifikasi dan diteruskan kepada instansi yang berwenang untuk dapat ditindaklanjuti. Masyarakat juga dapat mengawal penanganan setiap laporan secara transparan dan akuntabel melalui berbagai fitur yang tersedia, termasuk fitur-fitur untuk mendukung keamanan dan kenyamanan pelapor.

Sebagai sistem pengaduan yang terpadu dan berjenjang, LAPOR! telah terhubung dengan berbagai instansi pemerintah, dengan rincian sebagai berikut: (Data: Mei 2018)

  • 34 Kementerian
  • 97 Lembaga Pemerintah Non-Kementerian/Lembaga Non-Struktural/Lembaga Negara
  • 303 Pemerintah Daerah
  • 116 BUMN
  • 130 Perguruan Tinggi Negeri & Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta
  • 131 Perwakilan RI di Luar Negeri

Sistem alur kerja LAPOR! dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

 

sistem kerja lapor 

Penyampaian Laporan

Masyarakat dapat menyampaikan aspirasi dan pengaduan mengenai pembangunan dan pelayanan publik melalui sarana berikut ini:

  • Situs www.lapor.go.id
  • SMS ke 1708 (tarif normal)
  • Mobile apps LAPOR! (Android)
  • Twitter @LAPOR1708 dengan menyertakan tagar #lapor
  • Saluran pengaduan lain yang telah diintegrasikan

Verifikasi Laporan

Verifikasi laporan adalah proses pemeriksaan substansi laporan oleh administrator dalam waktu paling lambat 3 (tiga) hari kerja. Verifikasi dilakukan untuk memastikan setiap laporan disampaikan secara jelas, lengkap, dan kronologis serta disertai data dukung yang memadai (jika ada). Verifikasi sangat penting agar laporan masyarakat dapat diteruskan kepada instansi yang tepat dan mempermudah proses tindak lanjut laporan. Pada saat verifikasi laporan, administrator akan memandu pelapor jika terdapat informasi dan data yang perlu dilengkapi. Masyarakat tidak perlu ragu terkait kewenangan instansi yang dituju karena administrator akan memandu prosesnya. Laporan yang jelas, lengkap, dan kronologis akan diteruskan kepada instansi yang berwenang untuk dapat ditindaklanjuti.

Tindak Lanjut Laporan

Instansi diwajibkan menindaklanjuti setiap aspirasi dan pengaduan secara cepat dan tepat sesuai tugas, fungsi, dan kewenangannya. Instansi akan melakukan analisis terhadap substansi laporan, berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, menindaklanjuti di lapangan, serta memberikan jawaban resmi melalui aplikasi LAPOR!.

Jangka waktu untuk menindaklanjuti laporan bergantung pada jenis dan bobot laporan, sebagai berikut:

  • Ringan 
    Jenis laporan mengenai apresiasi, aspirasi, dan permintaan informasi. Contohnya, pertanyaan mengenai prosedur, permintaan informasi publik, dsb. Standar waktu tindak lanjut paling lambat 5 (lima) hari kerja.
  • Sedang 
    Jenis laporan mengenai pengaduan yang tidak berkadar pengawasan atau pengaduan yang penyelesaiannya dapat dilakukan oleh satu instansi. Contohnya, keluhan mengenai standar pelayanan. Standar waktu tindak lanjut paling lambat 14 (empat belas) hari kerja.
  • Berat 
    Jenis laporan mengenai pengaduan yang berkadar pengawasan, adanya indikasi penyalahgunaan wewenang, pengaduan yang penyelesaiannya bersifat lintas-sektoral, atau pengaduan terkait infrastruktur besar. Contohnya, pengaduan terkait infrastruktur, pengaduan mengenai korupsi, kolusi, dan nepotisme, dsb. Standar waktu tindak lanjut paling lambat 30 (tiga) puluh hari kerja.

Dalam pelaksanaannya, ketentuan ini tetap mengacu pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik.

Penutupan Laporan

Penutupan laporan dilakukan terhadap laporan yang telah selesai ditindaklanjut. Penutupan laporan didasarkan pada hal-hal berikut ini:

  • Pelapor memberikan pernyataan kepuasan atas tindak lanjut yang diberikan (Penutupan dilakukan oleh administrator).
  • Pelapor memberikan pernyataan kepuasan atas tindak lanjut yang diberikan dan menutup sendiri laporannya (Penutupan dilakukan oleh pelapor).
  • Tidak adanya respons, tanggapan, atau sanggahan lebih lanjut dalam waktu 10 (sepuluh) hari kerja terhadap tindak lanjut yang diberikan instansi (Penutupan dilakukan secara otomatis oleh sistem).
  • Adanya debat kusir terkait tindak lanjut laporan. Debat kusir yang dimaksud yaitu apabila pelapor memberikan sanggahan secara berkepanjangan namun tidak menyertakan alasan yang logis atau informasi dan data terkait sanggahannya (Penutupan dilakukan oleh administrator).



Fitur Pendukung

LAPOR! memiliki fitur-fitur pendukung yang disediakan bagi pengguna, antara lain:

  • Tracking ID 
    Tracking ID merupakan nomor tiket yang dapat digunakan untuk memantau status penanganan setiap laporan.
  • Notifikasi 
    Notifikasi merupakan pemberitahuan resmi mengenai status laporan. Pelapor akan menerima notifikasi ketika laporan telah diteruskan, ketika laporan telah ditindaklanjuti, ketika laporan telah tertutup, dan bahkan ketika laporan tidak dapat diproses lebih lanjut.
  • Kolom Tindak Lanjut Laporan 
    Kolom Tindak Lanjut Laporan adalah ruang interaksi dua arah antara pelapor dan instansi terlapor. Pada saat laporan ditindaklanjuti, pelapor berkesempatan untuk memberikan umpan balik terhadap tindak lanjut tersebut sehingga kualitas tindak lanjut dapat dikawal oleh semua pihak. Dengan demikian, diharapkan muncul solusi terbaik yang substansial untuk setiap permasalahan dan kebutuhan masyarakat.
  • Indikator Warna (Merah, Kuning, Hijau) 
    Indikator Warna disediakan untuk memudahkan masyarakat dalam mengetahui progres penanganan setiap laporan. Merah artinya laporan belum ditangani, Kuning artinya laporan sedang dalam proses penanganan, dan Hijau artinya laporan telah selesai ditangani dan telah ditutup.
  • Statistik 
    Statistik disediakan secara terbuka dalam bentuk rekapitulasi agar masyarakat dapat mengetahui dan mengawasi kinerja pengelolaan pengaduan setiap instansi. Statistik dalam format yang lebih rinci dapat disediakan dengan menghubungi pengelola.
  • Anonim dan Rahasia 
    Laporan yang telah diteruskan kepada instansi bersifat terbuka. Namun demikian, pelapor maupun administrator dapat menggunakan fitur Anonim dan/atau Rahasia agar identitas pelapor dirahasiakan dan/atau agar laporan tidak terpublikasi. Fitur ini dimaksudkan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pelapor, khususnya terkait substansi laporan yang sensitif.



Penghargaan

3 (tiga) besar nomine dalam kategori Government Web Award dalam ajang Bubu Awards v.08 pada Juni 2013 serta Bright Spots inisiatif pelayanan publik terbaik dunia dalam ajang Open Government Partnership (OGP) Summit pada tahun 2013.

sistem kerja lapor 

ASPIRASI MASYARAKAT

18 Oktober 2018 17:22

Kapan lamandau ada pesta rakyat ?


18 Oktober 2018 16:48

apakah di lamandau ada bandara ?


18 Oktober 2018 16:46

Bagaimana cara ke lamandau


18 Oktober 2018 16:00

Apakah aplikasi pengaduan masih berjalan ?


18 Oktober 2018 15:48

kapan tes cpns setda dilaksanakan


24 Juni 2016 08:06

Info Gempa Mag:5.1 SR, 24-Jun-16 07:41:36 WIB, Lok:2.77 LS,110.09 BT (128 km BaratDaya SUKAMARA-KALTENG), Kedlmn:10 Km ::BMKG


07 Januari 2016 11:31

Mohon Pengaspalan Jalan Fatmawati belakang Tita Resto, Thanks.


05 Januari 2016 23:00

alamat wifi.id di kab lamandau di mana saja?di tunggu infonya


07 Juli 2015 11:41

Pengaduan masyarakat lebih baik di beritahukan lewat koran atau lewat radio siaran pemerintah. Thanks.


19 Juni 2015 10:22

Selamat siang, saya membutuhkan salinan perda ttng pembentukan desa baru di kab lamandau..di web jdih.lamandaukab.go.id ada namun link downloadnya rusak.


09 Mei 2015 12:40

mengapa listrik selalu mati bergilir, dan jika ada perbaikan mengapa lama sekali, padahal kami masyarakat yang memulai usaha banyak sekali yang bergantung pada listrik, padahal kami yang menggunakan listrik dengan metode pulsa, kami selalu membayar pulsa., kami mengharap listrik bergilir cepat berakhir, agar kami dapat memulai usaha dan tidak sendat karena listrik. terima kasih dan mohon cepat ditangani.


04 Mei 2015 11:42

Selamat siang admin,, apakah nanti pengumuman pembagian SK CPNS juga diumumkan disini?? apakah sudah ada informasi kapan akan diumumkannya??


15 April 2015 15:15

Sebenarnya saya ragu, apakah media pengaduan masy ini lsg ditanggapi atau hanya sekedar singgah di meja operator saja... ya kita liat nanti saja


12 Februari 2015 11:22

Kepada Yang Terhormat, Kali ini kami melapor untuk yg ke sekian Kalinya. Tetapi Perihal Yg Berbeda. Dua orang Keponakan saya datang dari Kalbar dan Jawa Timur ke Kabupaten LAMANDAU, kalteng. Untuk bekerja di sebuah Toko Foto Copy. Mereka memiliki KTP dari daerah masing2. Karena sudah lebih satu tahun bermukim dan terkena Razia operasi Zebra karena tidak memiliki SIM, maka mereka berniat membikin SIM. Tetapi tidak bisa karena KTP mereka bukan dari Lamandau. Aneh kan Tuan?? Padahal E-KTP katanya bisa dipakai hingga Internasional. Tetapi kok, sesama Indonesia tidak bisa?? Kenapa begitu? Tolong jelaskan pada masyarakat awam seperti kami. Dan dengan terpaksa keponakan saya membuat KTP baru lagi di Lamandau dan di kenakan biaya Rp.250ribu di DISDUKCAPIL Lamand au. Ini benar!!!! Jadi keponakan saya memiliki Dua KTP!!! Yang saya tahu punya 2 KTP dilarang! Bagaimana ini?? Mohon kami masyarakat jangan di Permainkan Tuan! Salam Hormat, Salam Lapor!!


03 Februari 2015 22:51

ertama jalan yang ke dua tempat parkir jadi maksud kami warga batu batanggui supaya ramai nya kota nanga bulik seimbang terima kasih'


03 Februari 2015 22:51

Kami warga batu batanggui sangat mendukung pembangunan pasar induk, bank kal-teng di jalan sudiro sebab pasar inpres di jalan niaga sudah tidak memadai p


29 Januari 2015 16:12

Selamat sore, kpn yah pengumuman hasil CPNS Lamandau 2014. Tks


26 Januari 2015 14:01

Selamat siang, mau tanya : apakah aplikasi spipm dapat diakses langsung oleh semua skpd di kab lamandau ? Terima kasih


23 Desember 2014 13:16

tanggap melayani kami masyarakat kelas bawah. Terima Kasih.


19 Desember 2014 12:58

Klo mau ke lamandau dari palangka raya naik apa ya?


19 Desember 2014 08:49

Bagaimana cara mendapatkan layanan wifi gratis di Kab. Lamandau?


12 Desember 2014 08:25

Pemeriksaan berkala, jaringan spipm (12-12-2014)


06 November 2014 18:05

Pemeriksaan berkala spipm


04 November 2014 11:24

dimana kalo mau download foto2 lamandau


29 Oktober 2014 07:36

kapan pelatihan spipm


29 Oktober 2014 07:17

Pagi..! Mau tanya kpn pelaksanaan tes cpns d lamandau? Trims


20 Oktober 2014 13:41

Selmat siang! mau tanya ttg pengummn seleksi berkas cpns lamand kok belum ada? Kpn keluarx dan pengambiln krtu psrt tgl brp? Trims . Husnul jawatimur


18 Oktober 2014 20:47

Ada jalan berlubang diselatan sd 3 bulik,mksh


16 Oktober 2014 13:34

Tes konektifitas spipm


FACEBOOK


INSTAGRAM


@lamandaubc